Lilypie Third Birthday tickers

Lilypie Third Birthday tickers

Wednesday, September 24, 2008

mempersiapkan diri



Gw udah masuk minggu ke 37 kehamilan, banyak yang harus dipersiapkan karena si baby bisa lahir kapan aja. Rata2 bayi lahir di usia kandungan 38-40 minggu.
Sejauh ini persiapan kita berupa perlengkapan baby udah cukup lengkap..tapi yang harus dipersiapkan lebih matang lagi adalah diri kita sebagai orang tua.

Buat gw banyak banget hal yang harus dipersiapkan nih. Pertama-tama iman harus ditebelin (*nyengir), ga mau dong ngasi contoh yang buruk ke anak. Trus sabar...yang ini susah banget dipupuknya, kerasa banget kalo sekarang kita belum ekstra sabar, sehari2 komunikasi ama orang atau di perjalanan aja masih suka esmosi, hehe. Kepemimpinan, psikologi, keteladanan...ibaratnya anak kertas kosong, kita yang ngisi..kita yang bikin gambar2 & tulisan disana. Finansial, semoga bisa mempersiapkan & memberikan yang terbaik untuk anak. Dan masih banyak lagi lainnya.

Di awal kehamilan seringkali gw flek (keluar darah), dikasih obat penguat kandungan & bolak-balik diharuskan bedrest..serem deh! Bukan itu aja, mual muntah merajalela sampe usia kandungan gw 5 bulan, sampe sekarang sih sisa mualnya aja. Ditambah lagi, sejak usia kandungan belum 2 bulan, dari hasil lab ternyata gw juga ada virus Tokso (virus yang bisa menghambat/mengganggu pertumbuhan janin, hiks! syediiih) yang mengharuskan gw minum obat antibiotik dosis terapi selama 3 minggu, istirahat 2 minggu, lanjut lagi 3 minggu..begitu seterusnya sampe usia kandungan gw 6 bulan. Ternyata oh ternyata...Toksonya ngga ilang2 juga, naik turun aja sampe sekarang masih ada. Sejak itu obat diberhentiin & kita berusaha positive thinking aja sambil kondisi janin terus dipantau...krn ngga baik minum obat dosis terapi itu terus2an. Dan masalah2 lainnya. Walopun berat banget jalanin kehamilan sampai 6 bulan kemarin (banyak sedihnya), Alhamdulillah sisanya gw bisa jalanin kehamilan baik2 aja sampe sekarang...ga dibuat susah & ga nyusahin (kalo kata ayah, hehe ;p). Semoga sampe persalinan nanti juga lancar ya...amin.

Jadi, udah siap belum sih jadi orang tua? kalo kita ditanya gitu....
Fyuuuh, jadi orang tua bener2 nggak gampang ya, apalagi anak kan titipan, bener2 tanggung jawab yang sangat besar...tapi jawabannya harus SIAP!

-bunda-

No comments: