Lilypie Third Birthday tickers

Lilypie Third Birthday tickers

Thursday, September 25, 2008

save the earth


Udah seminggu ini cuaca rasanya panaaaaas banget, ada yang ngerasa juga ngga? Huhuhu, global warming, polusi merajalela...kasian bumi kita. Menurut wikipedia, efek rumah kaca telah meningkatkan suhu bumi rata-rata 1-5°C. Meningkatnya suhu permukaan bumi akan mengakibatkan adanya perubahan iklim yang sangat ekstrim di bumi. Hal ini dapat mengakibatkan terganggunya hutan dan ekosistem lainnya, sehingga mengurangi kemampuannya untuk menyerap karbon dioksida di atmosfer. Pemanasan global mengakibatkan mencairnya gunung-gunung es di daerah kutub yang dapat menimbulkan naiknya permukaan air laut. Kyaaaa....serem banget kan kalo banjir bandang!!!! apalagi negara2 kepulauan kaya kita gini...paling kerasa dampaknya.

Ngga perlu deh jadi aktivis greenpeace, kita mulai dari diri sendiri yuk...cinta lingkungan. Ini beberapa tips super sangat sederhana untuk menyelamatkan bumi kita dari kehancuran :
  • Gunakan bola lampu jenis flurosen alias Fluorescent Lights (CFLs)
Lampu ini memang lebih mahal ketimbang lampu bohlam biasa. Tapi daya tahannya 10 kali lipat lebih lama dan yang pasti lebih hemat energi. Studi membuktikan bila lampu CFL menyerap energi 75 persen lebih sedikit daripada nola lampu kuning terang benderang biasa. Dalam setahun CFL mampu mengurangi produksi karbon dioksida hingga 500 pon. Ini setara dengan polusi yang dihasilkan 17 mobil di jalan raya selama satu tahun!
  • Gunakan listrik secara efisien
Matiin lampu yang ngga kepake. Cabut charger dari stop kontaknya kalo ngga dipake. Matiin AC kalo ngga diruangan...asal tahu saja rata-rata setiap rumah menghasilkan emisi gas rumah kaca dua kali lipat dari yang diproduksi sebuah mobil. Jadi jangan dikira ngga ngeluarin asap knalpot aja udah nyumbang buat lingkungan.
  • Minimalkan penggunaan plastik
Tau dong plastik bukan bahan yang dapat hancur dengan sendirinya di pembuangan sampah. Sejumlah kandungan dalam bahan tersebut justru merusak kesuburan hayati tanah. Malah beberapa jenis ada yang baru bisa terurai setelah 500 tahun...hiiiy! Kalo gw pribadi, kalo belanja males banget bawa plastik banyak2. Malah kalo perlu perginya bawa tas gede/tas lipet, belanjaannya masuk kesitu semua deh...ngga nyampah! Sekarang ini di maling list ibu & anak yang gw ikutin, lagi pada gencar memakaikan anak-anak mereka popok go green, si popok ini bisa dicuci lagi karena penyerapan kotoran & pipisnya berupa lapisan semacam handuk, jadi ngga kaya diapers plastik yang sekali pake buang. See...ibu-ibu aja banyak yang udah peduli lingkungan ^0^
  • Hemat kertas
Bayangin hutan-hutan berkurang buat bikin kertas...belum termasuk penebangan liar....pembabatan & penggundulan untuk pembangunan....ckckckck!
  • Hijaukan rumah Anda!
Hayoo..yang ngaku cinta lingkungan, punya tanaman ngga dirumah? Buat yang ngga punya halaman, setidaknya usahain ngasih kesempatan tumbuhan di sekitar untuk hidup. Tanaman gantung atau hidroponik cukup membantu kok buat yang tinggal di apartemen, rumah susun atau kos.
  • Reduce, Reuse, Recycle
Kurangi konsumsi, gunakan kembali barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan, dan daur ulang bahan tertentu. Oh ya, kalau dari rumah sendiri...jangan buang minyak goreng bekas ke bak cucian piring. Minyak kan ngga larut sama air, selain mencemari sungai juga membuat saluran air jadi mampet. Karena ternyata minyak tersebut akan membeku & menangkap kotoran, yang akhirnya bergumpal seperti lilin dan membuat saluran got mampet. Kalau di Bogor, ada yang mengumpulkan & membeli minyak2 jelantah perumahan untuk diolah, dicampur solar, dijadikan bahan bakar bio-energi bus TransPakuan.
Trus dibuang kemana? Cari deh di sekitar tempat tinggal ada ngga yang menampung minyak2 tsb untuk diolah lagi, lumayan kan.

Sampai poin ke-5 hal-hal diatas udah gw lakuin. Ayo2... masih banyak poin2 lain & hal2 yang bisa kita lakuin untuk peduli lingkungan...sayang sama bumi. Nantinya kan kita bisa ninggalin warisan yang berharga buat anak-cucu ^__^

-bunda-

No comments: